Berbagai Kegunaan dan Kelebihan Jual Kayu Meranti

kelebihan jual kayu meranti

Berbagai Kegunaan dan Kelebihan Jual Kayu Meranti

Selain untuk membangun bagian rumah, kayu juga digunakan untuk membuat berbagai jenis perabotan maupun perkakas rumah. Salah satu dari sekian banyak jenis kayu yang paling populer adalah kayu meranti. Berikut berbagai kegunaan dan kelebihan kayu meranti ini.

Mengenal Bisnis Jual Kayu Meranti

Pohon meranti yang masuk dalam Genus Shorea ini adalah pohon yang banyak tumbuh di Indonesia yang memiliki karakteristik tekstur yang tidak kasar, batas lingkar yang tidak teratur, dan memiliki pembuluh dengan pori yang berbaur.

Kayu meranti dikenal memiliki ikatan serat yang sangat baik dibandingkan dengan jenis kayu lain. Jual kayu meranti ini sangat multi guna karena selain bisa digunakan untuk membangun dan membuat perabotan, kayu meranti juga bisa diolah menjadi venir kayu lapis, harbor, papan partikel, bahkan bubur kayu yang nantinya akan diolah menjadi kertas.

Kelebihan Kayu Meranti

Selain karena bisa diolah menjadi berbagai produk turunan, kayu meranti banyak ditemui di tempat jual kayu karena memiliki banyak kelebihan.

1.     Mudah Dikeringkan

Kelebihan kayu meranti yang pertama adalah mudah dikeringkan. Setiap kayu pasti memiliki kandungan air dan semakin kering kayu, maka akan semakin bagus. Hal ini karena air dan lembab adalah salah satu musuh utama kayu yang bisa menyebabkan kerusakan.

2.     Daya Tahan Tinggi

Kelebihan selanjutnya dari jual kayu meranti adalah daya tahannya yang cukup tinggi. Untuk jenis kekuatan, jual kayu meranti masuk dalam kategori II-IV atau bisa berumur hingga 15 tahun. Sedangkan untuk aspek keawetan, kayu ini masuk dalam kategori III-IV atau bisa bertahan sampai 10 tahun.

3.     Keras

Harga kayu meranti sangat sebanding dengan kualitas yang diberikan karena kayu ini memiliki sifat yang keras. Karena ini, kayu meranti yang Anda gunakan entah untuk bangunan atau perabot tidak akan mudah berubah. Selainitu, kayu meranti juga tidak mudah memuai atau menyusut ketika terpapar perubahan suhu, tidak seperti kebanyakan jenis kayu lainnya.

Berbagai Jenis Kayu Meranti

1.     Kayu Meranti Merah

Tidak hanya terdapat satu jenis kayu meranti, melainkan tiga. Jenis pertama adalah kayu meranti merah yang dapat dengan mudah ditemui di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pohon meranti merah ini bisa tumbuh hampir di mana saja dengan kondisi tanah yang berbeda. Warna batangnya coklat kemerahan, dan memiliki resin putih di bagian dalam.

2.     Kayu Meranti Putih

Kemudian ada kayu meranti yang berasal dari pohon meranti putih yang tidak bisa tumbuh di sembarang tanah seperti meranti merah. Pohon meranti putih ini bisa tumbuh baik di tanah yang berada di ketinggian sampai 1000 mdpl. Kayu meranti putih biasanya memiliki kualitas dan penampilan yang lebih baik sehingga jenis meranti yang ini lebih sering digunakan sebagai bahan pembuat perabotan rumah ketimbang bahan bangunan.

3.     Kayu Meranti Kuning

Jenis terakhir adalah meranti kuning yang memiliki tekstur paling kasar dibandingkan dua jenis meranti sebelumnya. Kualitas meranti kuning pun paling rendah karena lebih mudah lapuk juga lebih rentan terhadap serangan hama terutama rayap. Kayu meranti kuning ini paling murah dibandingkan meranti merah dan putih.

Itu dia berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang salah satu kayu yang paling luas digunakan yaitu kayu meranti. Pastikan Anda memilih jenis kayu meranti terbaik untuk berbagai kebutuhan Anda.

Rate this post